Skip to content

Ngomong Soal Agama di Kantor, Etikanya Gimana?

Di kantor saya yang mayoritas muslim, jarang ngomongin jg soal agama. Ya meski begitu kalau ada karyawan yang non islam, kita tetap bergaul aja, kadang debat, tp lebih seringnya bercanda.

Nah biar gak bingung soal bagaimana ngomongin agama di kantor, mungkin bisa nyimak tulisan dari Qerja.com di bawah ini:

 

________

Bicara Soal Agama di Kantor

 

Selama sebulan terakhir jagat maya diramaikan dengan berita tentang pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dianggap menistakan salah satu agama. Gaungnya terdengar sampai telinga umat dan para ulama. Kabar ini langsung membakar emosi banyak orang dan akhirnya memicu demonstrasi.

Ahok tidak merasa menistakan agama apapun. Sebagian orang pun melihat Ahok tidak memiliki maksud tersembunyi di balik pernyataannya. Namun, kesalahan kata dan kalimat yang keluar dari mulut Ahok sudah terlanjur membuat orang lain merasa tersinggung dan bahkan emosional. Pada akhirnya, Ahok pun minta maaf atas ucapannya.

Topik soal agama memang sangat sensitif sebab menyangkut keyakinan seseorang. Anda harus memerhatikan waktu dan tempat yang tepat sebelum mengangkat pembicaraan masalah religi. Anda bisa membahas tentang ibadah, nabi-nabi dan konsep ketuhanan di majelis ilmu yang pesertanya memiliki kepercayaan yang sama. Namun, Anda harus berhati-hati saat memulai obrolan agama di tempat lain seperti di kantor.

Setiap orang di tempat kerja Anda memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Mulai dari pemeluk agama yang rajin menjalankan ibadahnya hingga penganut paham atheis atau agnostik. Bahkan dua orang yang memeluk agama yang sama bisa saja menafsirkan kitab suci dengan cara yang berbeda.

Jadi, meskipun Anda bermaksud  mengajak orang untuk kembali ke jalan yang benar, namun hal itu bisa dianggap mengganggu orang lain. Maka, sebaiknya Anda menghindari diskusi agama di tempat kerja. Namun, jika ada seseorang yang selalu bersemangat mengangkat topik sensitif ini, berikut tips dari Forbes.com untuk manajer dan pegawai yang ingin suasana kantor tetap damai.

Tidak perlu ada kebijakan

Manajemen perusahaan tidak perlu membuat aturan yang melarang orang berbicara tentang agama di kantor. Kebijakan kantor yang absolut justru adalah cara terburuk untuk menangani topik yang sangat manusiawi ini. Divisi sumber daya manusia tidak harus turun tangan untuk menangani pegawai yang selalu “mengganggu” orang lain dengan pembicaraan soal keyakinan. Namun, Anda bisa mendorong karyawan untuk bicara baik-baik agar bisa menghindari topik tentang agama yang berpotensi menimbulkan masalah.

Advertisements

Calya..Calya…Penari gurun pasir ternama….

 

Calya-Calya, eh zakia-zakia penari gurun pasir ternama..Entah kenapa lagu Ahmad Albar, ya vokalis God Bless, aslinya ngerock tapi bisa ngedangdut, terngiang2 di kepala saat mobil ini dirilis…mungkin karena kesamaan fonem.. Calya…Zakia….

Calya katanya artinya sempurna dalam bahasa sanskerta, kalau kembarannya Daihatsu Sigra, artinya respons yang cepet…wus-wuss.

Ya udah nevermind, yang pasti ini mobil diprediksi bakal jadi big hit nih. Murah, pengganti Avanza di kelas Rp 100 jutaan. Avanza kan kian melambung, jadi perlu ada pengisi di kelas ini.

Yang penasaran dengan mobilnya, ada rilis dari Toyota-Daihatsu nih. Ya Daihatsu yang buat mobil, bukan Toyota:

 

 

Guna mendukung program pemerintah dalam mengembangkan industri otomotif nasional dan untuk memenuhi permintaan pasar domestik, Toyota dan Daihatsukembali melakukan kolaborasi untuk berkontribusi pada bangsa Indonesia.

Melalui kolaborasi ini akan terjadi peningkatan investasi, pembukaan lapangan kerja baru, peningkatan kandungan komponen lokal serta transfer pengetahuan dan teknologi otomotif kepada putera-puteri bangsa, sebagaimana terjadi pada kolaborasi sebelumnya.

Menengok sejarah, Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC) telah melakukan kerjasama sejak 1967. Khusus di Indonesia, Toyota dan Daihatsu telah menghasilkan produk kolaborasi sejak 2003 seperti Avanza-Xenia, disusul Rush–Terios (2006), dan Agya–Ayla (2013) serta produk mandiri lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor ke lebih dari 70 negara.

Sejak pertama hadir di Indonesia, Toyota Group telah menginvestasikan lebih dari Rp 49 triliun bagi pengembangan industri otomotif nasional, yang tercermin pada peningkatan volume pasar otomotif domestik hampir dua kali lipat, selama 10 tahun terakhir (2005-2010), dengan pertumbuhan rata-rata 11,4% per tahun. Posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi penting bagi Toyota Group menjadikannya sebagai penyumbang ekspor terbesar dengan market share mencapai lebih dari 87% dari total volume ekspor nasional selama Semester I Tahun 2016.

Toyota dan Daihatsu, meresmikan kolaborasi terbarunya yaitu Astra Toyota CALYA dan Astra Daihatsu SIGRA. Kolaborasi ini merupakan tonggak penting dalam perkembangan industri otomotif nasional, karena produk kolaborasi seperti CALYA dan SIGRA dirancang khusus sesuai karakteristik kebutuhan masyarakat Indonesia dan diproduksi oleh putera puteri bangsa di Pabrik Perakitan Kendaraan, PT Astra Daihatsu Motor, di Karawang Asembly Plant, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, yang memiliki kapasitas produksi 200.000 unit per tahun. CALYA dan SIGRA telah memiliki kandungan komponen lokal yang tinggi, yaitu mencapai 94%.

 Toyota dan Daihatsu berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia dengan memperkuat kompetensi putera-puteri bangsa sebagai bagian dari pembangunan industri otomotif di Tanah Air.

 

Terus kira-kira bakal saya beli gak ya? Kalau soal ini harus nanya emaknya anak-anak.. “Emang papap punya uang dimana? Cicilan rumah belum lunas…” begitu kata istri saya yang paling cantik sedunia… Yo wis hahahah…

 

 

Ajarkan si Kecil Berpuasa

Si Kecil memang belum diwajibkan untuk berpuasa. Namun, Bunda bisa mulai mengajarkan si Kecil dengan cara berpuasa setengah hari. Agar si Kecil bersemangat berpuasa, berikut beberapa trik mengajarkan si Kecil berpuasa.

1. Berikan pengertian pada anak mengenai puasa, seperti makna dan manfaat puasa. Dengan cara ini, diharapkan anak bisa menyadari pentingnya melakukan puasa pada bulan Ramadan.

2. Berilah si Kecil pujian ketika dia berhasil melakukan puasa walaupun hanya puasa setengah hari.

3. Berikan hadiah atau reward agar si Kecil semangat menjalankan ibadah puasa. Contohnya, jika si Kecil berhasil menjalankan puasa setengah hari, Bunda bisa memberikan uang Rp 5 ribu. Sedangkan, jika si kecil berhasil menjalankan ibadah puasa hingga magrib, Bunda bisa memberikan uang Rp 10 ribu.

Jika menurut Bunda uang bukanlah bentuk pengajaran yang tepat, Bunda bisa menggantinya dengan memasak menu kesukaan si Kecil sebagai bentuk hadiah karena berhasil berpuasa. Cara ini juga menjadi trik agar anak-anak dan anggota keluarga lainnya lebih senang berbuka puasa di rumah dibandingkan di luar rumah.

4. Isilah dengan kegiatan yang positif, seperti mengaji bersama, menghafal surat pendek, atau membaca kisah-kisah para nabi.

Tulisan ini saya cukil dari sumber: bunda.carrefour.co.id

Taksi Uber Mau Uji KIR, Sopir Wajib SIM A Umum

 

 

 

 

 

 

Foto Uber

Hmm, ada kabar seger dari Uber, penyedia aplikasi taksi online. Katanya mereka mau mengikuti semua persyaratan dalam bisnis transportasi Indonesia.

Penasaran? Yuk baca siaran pers resminya:

 

Minggu ini kami sangat sedih dengan terjadinya peristiwa kekerasan dan perusakan yang terjadi di Indonesia dan kami juga bersimpati terhadap dengan keluarga yang terkena dampak dari peristiwa tersebut. Pengguna dan mitra pengemudi kami telah bersama-sama memberikan dukungan kepada kota Jakarta. Kami bekerja sama dengan Bapak M. Iqbal, Kabid Humas dan Bapak Mamat Surahmat, Direktur Intelijen dan Keamanan, dari Polda Metro Jaya agar menyampaikan pengumuman untuk menenangkan seluruh mitra pengemudi, dan kami juga telah menonaktifkan harga ramai (surge) untuk membantu masyarakat bisa tetap menuju ke lokasi tujuan mereka secara aman, dapat diandalkan dan terjangkau.

Kami telah melanjutkan diskusi bersama Menteri Perhubungan Bapak Ignasius Jonan, Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Rudiantara dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Bapak Luhut untuk memastikan kepatuhan pada peraturan di Indonesia.

Selama 2 bulan periode transisi yang dimulai hari ini hingga 31 Mei 2016, kami akan bekerja sama dengan ketiga Kementerian dan Dishub untuk memenuhi persyaratan akhir guna mematuhi peraturan yang mencakup:

  • Membangun kerja sama dengan perusahaan rental resmi atau koperasi
  • Memastikan semua kendaraan telah lolos Uji Kelayakan Kendaraan (KIR) dan mendapatkan sertifikat KIR
  • Memastikan semua pengemudi memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM A Umum)

Kami tetap berkomitmen untuk bekerjasama dengan Pemerintah guna memastikan manfaat penuh dari ridesharing baik bagi para pengguna maupun pengemudi yang tersedia untuk siapapun dan dimanapun.

 

Tim Uber

Mencicipi Bakso Malang di Kotanya

Jujur, bakso adalah masakan lokal yang paling saya sukai. Saya mulai suka gara-gara digerojokin anak-anak sekelas pas SMA dulu di Tasikmalaya.

Di samping sekolah saya, SMAN 1 Tasikmalaya, emang banyak bakso bertebaran, tapi yang terkenal adalah Bakso Mas Wiji. Nah saya bareng teman, suka makan di situ, bahkan sampai sekarang. Kalau pulang kampung, selalu mencoba mampir.

Bakso mas wiji ini katanya aslinya dari Solo. Nah bakso jenis lain yang saya suka adalah Bakso Malang, yang ada pangsitnya, bakmi kuning, tahu dan lain-lain, pada tahu lah ya…

Bakso malang ada di mana-mana, di kota dan di desa, tul ya? tapi bagaimana rasanya kalau di kota Malang betulan? Pastinya jangan heran, kalau gak ada tulisan bakso malang di spanduk-spanduk abang-abang tukang baksonya. Lha wong udah di malang, ngapain nyebut-nyebut lagi bakso Malang, isn’t that obvious? hehehehe

Kebetulan beberapa waktu lalu, saya diundang sebuah pabrikan mobil Jepang buat berkunjung ke Malang, enggak lama, cuma dua hari. Bosan dengan masakan restoran mewah dan hotel yang bergaya barat, saya minta panitianya buat dianterin ke bakso yang paling enak.

Diarahin lah ke Bakso President. Tempatnya unik banget, di samping rel kereta. Saya datang sekitar jam 21.00 WIB. Jadi kereta yang lewat sudah agak berkurang.

Tapi katanya, kalau ada kereta lewat, restoran ini pasti ikut bergoyang, ya bergetar banget karena persis samping rel kereta. Ni penampakannya:

Tuh kebayang kan, ada kereta ama gerbongnya kalau lewat. “Meja saja sampai bergetar,” kata Pak Eka Widada Yulianta, bos sebuah diler mobil di Malang.

Langsung ke menu, menunya macem-macem, bisa pesen bakso tanpa mie, ada parunya juga, mana ada bakso pakai paru ya? atau mau yang lain-lain, harganya? Biar gak boongin liat fotonya:

 

Aduh punten kalu liatnya mesti miring-miringin kepala gitu.

Ya harganya memang miring banget. Bakso kecil 3rb aja, jadi seporsi 20rb aja cukup kenyang. Rasanya gimana? Sebagai penikmat bakso, rasanya memang enak, tapi jujur, masih kalah sama bakso malang yang ada di Jakarta.

Hehehe, mungkin karena terbiasa dengan rasa bakso di Jkt, jadi begitu kena di Malang, lidah ini berkata lain, enggak terbiasa. Apa karena makannya di malam hari dan mau habis? Bisa saja bumbunya sudah terlalu lama di panci sehingga mengubah cita rasa. Tapi tetap saja, rasanya memang enak. Silakan kalau mau mampir di sini, cukup rekomen kok.Nih buktinya, mau pd abis

 

Punya saya juga abis, tinggal parunya saja…gak suka paru….hehehe

3 Kegunaan Makan Salad Tiap Hari

Dulu saya paling anti makan salad, abis awalnya aneh rasanya. Sayuran harus direbus/dikukus dulu, kebiasaan saya tah. “Mun heunteu nyeri beuteung siah” kalau gak sakit perut tar, begitu pikiran saya.

Tapi ternyata seiring perkembangan zaman dan dunia kedokteran, eh salah, emang udah tau dari dulu deng, memakan sayuran atau buah dalam keadaan segar justru menyehatkan. Apalagi kalau pake dressing yang asyik…mmm yummy

Setidaknya ada 3 manfaat katanya makan salad: Hayu atuh kita simak satu per satu:

Sebelum Pakai Kartu Kredit, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

Kartu kredit emang asoy, tinggal gesek, semua kebayar, “enak di bulan ini, gak enak di bulan depannya karena harus bayar” gitu omongan istri kalau saya berniat belanja pake kartu kredit.

Bahkan sempat satu bulan jadi over kredit karena belanja macem-macem, abis itu, kartu kredit ‘disita’ dulu ama bini, gak boleh dipake.

 

 

 

(Foto: Ngaturduit.com)

 

Tawaran dari sales kartu kredit emang menggiurkan, ada yang bebas iuran tahunan, sampai tiap bulan (bener lho tiap bulan, tiap minggu malah) ditelepon marketing ngasi uang pinjaman sampai 30 juta yang bs dicicil dengan bunga ringan, lho, gila ya, segitu nya…

“Cukup dengan Fotokopi KTP, dokumen lainnya bisa menyusul” gitu biasana omongan sales kalau nawarin CC (credit card).

Kantor saya juga nawarin kartu kredit, pastinya karena CT Corp, lewat bank mega. Tapi sebelum anda mau pakai kartu kredit, ada baiknya utuk eh untuk mempertimbangkan beberapa hal. Kata ngaturduit.com ada setidaknya 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai gesek belanja pake kartu duit.

  1. Kartu Kredit adalah kartu utang, jadi tagihan kita dibayarkan bank terlebih dahulu baru kemudian kita yang membayar kepada bank di waktu yang ditentukan.
  2. Kartu Kredit bukan pendapatan tambahan. Pakai kartu kredit itu bukan pendapatan tambahan, gak bisa asal gesek aja. Nanti tagihannya harus dibayar.
  3. Kartu Kredit bukan untuk keperluan darurat. Kalau keperluan darurat tentunya menggunakan dana darurat yang dipersiapkan. Hati-hati jangan sampai hal gak darurat jadi didaruratkan dan akhirnya bayar pakai kartu kredit dan akhirnya melebihi batas kemampuan membayar dan hutangnya gak lunas-lunas.
  4. Kartu Kredit bunganya tinggi, jadi jangan sampai terlambat membayar tagihan. Boleh gesek asal bisa bayar sesuai kemampuan. Bunga Kartu kredit 2,95% per bulan dan jika disetahunkan menjadi 35.4%. Bunga yang sangat besar.
  5. Perhitungan bunga bukan dari sisa tagihan tapi dari total semua tagihan termasuk yang sudah dibayarkan. Misalnya berbelanja Rp 5.000.000,- dan melakukan pembayaran Rp 3.000.000. Sisa tagihan masih ada Rp 2.000.000, maka bunga yang dikenakan dari total tagihan Rp 5.000.000 bukan dari sisa tagihan Rp 2.000.000.